<style>.lazy{display:none}</style> Kiprah Laboratorium Bestari untuk Ekonomi Lestari di Sintang - Lingkar Temu Kabupaten Lestari
Kabar • Artikel

Kiprah Laboratorium Bestari untuk Ekonomi Lestari di Sintang

Januari 24, 2024

Sebanyak 41 lembaga mitra pembangunan dari berbagai sektor turut berkontribusi dalam mewujudkan mimpi Sintang Lestari. Mereka telah bekerja bergotong royong di 133 desa dari total 391 desa di Kabupaten Sintang. Salah satunya adalah PT Semesta Sintang Lestari (SSL) –sentra inovasi & produksi di Kabupaten Sintang– yang mengembangkan berbagai produk hilirisasi berbasis alam.

SSL mengelola Laboratorium Inovasi Bestari untuk menggali berbagai potensi sumber daya alam yang berada di Kabupaten Sintang. “Saat ini kegiatan laboratorium berfokus pada riset albumin dari ikan jenis channa seperti ikan toman (channa micropeltes), ikan gabus (channa striata), ikan kerandang (channa pleuropthalma), ikan runtuk (channa Lucius), dan ikan piang (channa maruliodes),” ucap Radiman, Direktur SSL.

Terinspirasi dari Alam Siak Lestari, SSL juga mengembangkan produk albumin bernama Albuneo. Masyarakat lokal dapat menjalankan model bisnis inovatif ini, yang diperkirakan memiliki nilai pasar global sebesar 6,7 juta dolar AS pada tahun 2026. Ukuran pasar albumin secara langsung sebanding dengan antusiasme pasar lokal. “Kami telah melakukan riset pasar di Sintang, dan respons pasar sangat positif karena sejauh ini produk albumin berasal dari luar Kabupaten Sintang, bahkan dari luar Kalimantan,” tambah Radiman.

Selain Albuneo, Lab Inovasi Bestari juga akan merilis beberapa produk yang terbuat dari ikan gabus, termasuk albumin cair, gelatin, minyak ikan, dan tepung ikan yang dapat diolah menjadi berbagai panganan.

Saat ini SSL sedang mengeksplorasi peluang kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan ‘Bischo’ biskuit berprotein tinggi yang berasal dari tepung ikan untuk mencegah stunting bagi anak-anak. Ke depannya, produk ini akan didorong menjadi salah satu inovasi produk unggulan Kabupaten Sintang.

Berkat kiprahnya, SSL menerima Mitra Pembangunan Award Kabupaten Sintang pada bulan Desember lalu.
Berkat kiprahnya, SSL menerima Mitra Pembangunan Award Kabupaten Sintang pada bulan Desember lalu.
Artikel Lainnya

Artikel

Studycation Akademi Generasi Lestari 2022: Membentuk Local Champion Menjadi Inisiator Sentra Inovasi Lestari

Desember 1, 2022

Artikel

BUAH ASAM MARAM, WUJUD ANUGERAH SEHATNYA HUTAN INDONESIA

November 26, 2022

Artikel

Bumikan Ekonomi dan Investasi Lestari

Oktober 24, 2022
Optimized with PageSpeed Ninja