<style>.lazy{display:none}</style> GEMIFEST 2023 : Gemilang, Wadah Kolaborasi Orang Muda Mengembangkan Potensi Lokal - Lingkar Temu Kabupaten Lestari
Kabar • Siaran Pers

GEMIFEST 2023 : Gemilang, Wadah Kolaborasi Orang Muda Mengembangkan Potensi Lokal

Agustus 13, 2023

Potensi lokal dan kreativitas orang muda menjadi salah satu faktor yang mendukung kemajuan daerah. Orang muda kerap menghadapi dilema untuk merantau ke kota besar atau menetap di daerah dengan pilihan pekerjaan yang cenderung monoton dan minim ruang berekspresi. Gerak dari Mimpi untuk Lestarikan Sintang atau Gemilang, berupaya menjadi wadah kolaborasi bagi orang muda untuk mengembangkan kreativitasnya dalam memaksimalkan potensi lokal lestari, sehingga peluang alternatif pekerjaan yang ramah lingkungan dan ramah sosial di daerah semakin terbuka.

Melalui Gemilang Mini Festival (Gemifest) yang diadakan pada Sabtu, 12 Agustus 2023 bertempat di Gedung Eks-Diklat Sintang, Kalimantan Barat diperkenalkan profil dan program kerja Gemilang kepada masyarakat luas. “Program yang kami perkenalkan antara lain adalah Inkubasi Usaha Lestari dan peluncuran Ruang Kolaborasi bagi orang muda di Kabupaten Sintang,” ucap Varisa Avila Theresia atau yang akrab disapa Vela, Ketua Panitia Gemifest 2023.

Gemifest juga mempromosikan potensi komoditas yang ada di Kabupaten Sintang melalui gelar wicara (talkshow) bertajuk “Komoditas & Produk Turunan Kabupaten Sintang: Grand Launching Cokelat Kalara Borneo”. Martinus Jahong, Petani Kakao dari Desa Benua Baru, Kabupaten Sintang, menuturkan pengalamannya mendapatkan manfaat dari budidaya kakao. “Petani yang memiliki perkebunan karet monokultur mulai menanam bibit kakao di antara pohon-pohon karet sejak tahun 2019 untuk memaksimalkan lahan yang ada. Kami bisa dapat tambahan penghasilan alternatif tanpa membuka lahan baru. Saat ini, pohon-pohon kakao yang tumbuh sudah berbuah dan kami olah menjadi biji kakao fermentasi yang berkualitas,” tutur Martinus. Kakao merupakan salah satu komoditas lestari di Kabupaten Sintang yang direncanakan sejak tahun 2018 dan dikembangkan penanamannya dengan metode agroforestri sejak tahun 2019.

Pada gelar wicara tersebut, Kalara Borneo meluncurkan produk cokelat kovertur pertama dari Kalimantan Barat. Cokelat ini diluncurkan dalam tujuh varian, yaitu rasa cokelat susu eksotis maram, cokelat susu asin manis, cokelat susu moka, cokelat susu mete, aren cokelat hitam 62%, aren cokelat hitam 70%, dan aren cokelat hitam 85%. “Cokelat couverture memiliki persentase cocoa butter yang sangat tinggi. hal ini membuat produk cokelat tersebut memiliki rasa yang lebih enak dan manfaat yang lebih baik. Selain itu, biji kakao yang difermentasi memiliki citarasa dan aroma yang lebih baik juga. Tanpa proses fermentasi, biji kakao tidak akan memiliki rasa dan aroma cokelat. Harapannya produk inovasi kami ini bisa menjadi kebanggaan Kalimantan Barat dan bisa menembus pasar global,” ujar Yohana Tamara, Founder & CEO Kalara Borneo.

Selain kakao, Kabupaten Sintang juga memiliki potensi komoditas lainnya seperti kopi, tengkawang, ikan toman, dan buah asam maram. Seiring dengan langkah mewujudkan Visi Sintang Lestari, Jarot Winarno, Bupati Sintang, menjelaskan bahwa saat ini Kabupaten Sintang bersama para mitra kolaborator sedang proses pemetaan dan pengumpulan data kunci terkait potensi komoditas lestari unggulan guna menyusun portofolio investasi. “Kami akan memulai program Masterclass Investasi Lestari guna menggaet investasi lestari untuk komoditas, produk turunan, dan inovasi berbasis alam yang ada di Sintang. Gemifest ini jadi awal rangkaian program Masterclass Investasi Lestari yang akan diikuti oleh kabupaten dan provinsi Kalimantan Barat. Program ini juga sejalan dengan rencana inkubasi usaha lestari yang akan dilakukan oleh sentra inkubasi Gemilang, sehingga harapannya ada benang merah untuk merangkai gotong royong baik di hulu, tengah, sampai ke hilir,” jelasnya.

Masterclass Investasi Lestari merupakan serangkaian proses ko-kreasi untuk mengembangkan portofolio investasi berkelanjutan bagi daerah-daerah di Indonesia dengan fokus pada promosi komoditas berkelanjutan yang mereka miliki. Dalam pelaksanaannya, Masterclass Investasi Lestari menggunakan pendekatan rantai pasok gotong royong dari hulu ke hilir untuk setiap komoditas dengan semangat tumbuh bersama secara berkelanjutan. Harapannya, melalui program ini dapat membuka lebih banyak proyek peluang investasi yang dapat ditawarkan dan dimasukkan ke dalam peta peluang investasi yang dikoordinasikan oleh BKPM. Masterclass Investasi Lestari kali ini akan diadakan di Kalimantan Barat, khususnya untuk Kabupaten Sintang, Sanggau, dan Kapuas Hulu. Diselenggarakan pada 14-15 Agustus 2023, setelah Gemifest 2023.

Rangkaian Gemilang Mini Festival ini juga diperkaya dengan workshop ecoprint, pertunjukan seni & budaya, booth usaha lestari yang telah dikurasi, dan Temali (Temu & Kenali) untuk wadah perkenalan bagi komunitas kaum muda di Sintang.

Hadirnya Gemilang diharapkan dapat menjadi inkubator bagi kawasan ekosistem penting dan pelaku usaha lestari di Kabupaten Sintang untuk dapat menghasilkan produk bernilai tambah yang dapat berdampak baik terhadap alam dan masyarakat. Rendy Harya, selaku Ketua Gemilang menambahkan harapannya. “Kegiatan Gemifest 2023 diharapkan menjadi kesempatan Gemilang bertemu dengan berbagai komunitas untuk memulai aksi nyata serta mengkampanyekan pentingnya peran orang muda untuk kemajuan daerah melalui berbagai kolaborasi lintas sektor. Sehingga dapat tercipta karya-karya kreatif, inovatif dari produk turunan basis alam bernilai tambah yang mampu berdampak pada ekonomi, sosial, maupun lingkungan.”

____________________________________________________________________________

 

Tentang Gemilang

Gemilang (Gerak dari Mimpi untuk Lestarikan Sintang), atau yang juga sering disebut Gemilang Sintang Lestari, adalah sebuah wadah organisasi untuk merangkul orang muda yang bersemangat memajukan daerah mewujudkan pembangunan lestari. Gemilang memiliki tiga fokus program yaitu peningkatan kapasitas SDM, Inkubasi UMKM serta penjagaan hutan & wilayah adat. Gemilang terbentuk pada November 2022 melalui program IMPULS (Inkubator Muda Penggerak Usaha Lestari) yang diadakan di Kabupaten Sintang.

 

Dokumentasi: https://drive.google.com/file/d/1HWdXIspY70oBu8b2KX4XolGdFljd0MZt/view?usp=sharing