<style>.lazy{display:none}</style> Jaga Alam Agar Lestari, Bupati Sintang Terima Penghargaan Tribun Pontianak Awards 2023 - Lingkar Temu Kabupaten Lestari

Jaga Alam Agar Lestari, Bupati Sintang Terima Penghargaan Tribun Pontianak Awards 2023

August 14, 2023

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Bupati Sintang, Jarot Winarno memasukan Sintang lestari ke dalam visi Pemerintah Kabupaten Sintang 2021-2026 dan untuk mewujudkan visi tersebut, Pemkab Sintang sudah melaksanakan 13 program dan kegiatan.

Untuk itulah, Harian Tribun Pontianak memberikan penghargaan kepada Bupati Sintang untuk kategori Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari.

Penghargaan diberikan pada acara puncak Tribun Pontianak Awards 2023 di The Q Hall Convention Center Qubu Resort Kubu Raya pada Selasa 8 Agustus 2023 malam.

Bupati Jarot Winarno usai menerima penghargaan menegaskan komitmennya untuk mewujudkan Kabupaten Sintang yang maju dan lestari hingga 2026 mendatang.

Menurut Jarot, ada 5 kondisi yang membuat Pemkab Sintang kuat mewujudkan Sintang lestari yakni isu kerusakan lingkungan hidup, isu pembangunan berwawasan lingkungan hidup, tuntutan kolaborasi stakeholders, kondisi obyektif Sintang yang rentan banjir dan kebakaran hutan dan lahan.

“Dan komitmen kami yang dituangkan ke dalam RPJMD 2021-2026,” jelasnya.

Guna mewujudkan visi Sintang lestari, Pemkab Sintang sudah melaksanakan 13 program, bekerjasama pemerintah pusat, pemerintah desa, NGO, lembaga keuangan, perguruan tinggi, BUMN/BUMD, dunia usaha dan dukungan masyarakat Kabupaten Sintang.

13 program yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Sintang menuju Sintang yang lestari adalah penetapan SK Hutan adat, Perbup tata cara bakar lahan, penetapan tata ruang wilayah, RDTL Kawasan Industri, pembangunan ruang terbuka hijau, masuk menjadi anggota LKTL, melaksanakan CSR Awards, Perbup energi baru terbarukan, Perbup pengelolaan rimba gupung, rencana aksi sawit berkelanjutan, penetapan danau lindung, budidaya ikan gabus, dan penetapan ekowisata danau tuja sentarum.

“Semua program itu sudah dan akan terus kita lakukan hingga 2026 mendatang. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” kata Jarot.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Jaga Alam Agar Lestari, Bupati Sintang Terima Penghargaan Tribun Pontianak Awards 2023, https://pontianak.tribunnews.com/2023/08/09/jaga-alam-agar-lestari-bupati-sintang-terima-penghargaan-tribun-pontianak-awards-2023.
Penulis: Agus Pujianto | Editor: Faiz Iqbal Maulid