Apa itu Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)?

LTKL adalah asosiasi pemerintah kabupaten yang dibentuk untuk mendorong implementasi visi pembangunan perkelanjutan dengan lebih efektif melalui pendekatan kolaborasi multipihak.

Siapa penggagas Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)?

LTKL digagas oleh 8 Kabupaten perintis yakni Kabupaten Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Siak, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sintang, Sanggau dan Sigi pada bulan Juli 2017 dalam kemitraan bersama APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). Saat ini keanggoataan sudah bertambah dengan Kabupaten Tambraw dan Gorontalo sehingga menjadi 10 Kabupaten.

Siapa Dewan Pengurus Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)?

LTKL dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten anggota. Berdasarkan Keputusan Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) di bulan Juli 2017, telah diangkat Dewan Pengurus untuk Periode Tahun 2017-2020, yakni (i) Ketua Umum : Kabupaten Musi Banyuasin, (ii) Sekretaris Jenderal : Siak, (iii) Bendahara : Sintang. Kabupaten anggota lainnya bertanggungjawab untuk mengelola Forum Kerja Kolaborasi LTKL dengan tajuk (i) Perencanaan & Kebijakan, (ii) Komunikasi & Informasi dan (iii) Mobilisasi Dukungan. Untuk implementasi kegiatan rutin dan perencanaan strategis harian, LTKL mengangkat Sekretariat yang didukung oleh Dewan Penasihat dan Dewan Pengurus.

Apa tujuan dibentuknya Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)?

Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dibentuk untuk mendorong percepatan implementasi visi pembangunan lestari di kabupaten dengan fokus pada tata kelola lahan. Kabupaten anggota LTKL memiliki visi untuk mampu menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan sesuai dengan Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang dapat berkontribusi pada target penurunan emisi Indonesia. Dalam implementasi visinya, Kabupaten LTKL berkomitmen untuk sejalan dengan prinsip transparansi, akuntabilitas dan partisipasi publik termasuk melalui pelibatan mitra pembangunan baik masyarakat sipil, akademisi maupun swasta dalam Jejaring Mitra LTKL untuk mendorong sinergi dan meningkatkan kapasitas terkait pembangunan berkelanjutan.

Siapa saja Jejaring Mitra Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)?

Dalam upaya kolaborasi multipihak, LTKL membentuk Jejaring Mitra dengan berbagai organisasi mitra pembangunan dengan keahlian yang beragam untuk dapat turut mendukung Kabupaten dalam mewujudkan visi kabupaten lestari. Hingga Juli 2018, Jejaring Mitra LTKL diantaranya termasuk Yayasan Inisiatif Dagang Hijau, WRI Indonesia , Serikat Petani Kelapa Sawit, Rainforest Alliance, Daemeter, Aliansi Sawit Lestari Indonesia (ASLI), Yayasan Madani Berkelanjutan, Yayasan ELANG, HAKI, Forum Pengembangan, Pembaharuan Desa (FPPD), Yayasan Koaksi Indonesia, Conservation Strategy Fund (CSF), Winrock International, Proforest dan Aidenvironment. LTKL juga bermitra dengan jejaring koalisi masyarakat sipil Kabupaten, diantaranya koalisi Sahabat Muba untuk Kabupaten Musi Banyuasin, koalisi Sintang Lestari untuk Kabupaten Sintang dan koalisi Saudago Siak untuk Kabupaten Siak.

Apa saja tema prioritas Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)?

LTKL memiliki 5 tema prioritas hingga tahun 2021 adalah: (i) Pencegahan Kebakaran Hutan & Lahan Gambut, (ii) Komoditas Berkelanjutan, (iii) Perhutanan Sosial & Reforma Agraria, (iv) Konservasi & Restorasi, (v) Energi dan Ketenagalistrikan. Untuk melaksanakan masing-masing tema prioritas tersebut, Kabupaten perlu memastikan bahwa elemen kunci sebagai berikut telah terpenuhi: (i) Dampak Nyata untuk Peningkatan Kapasitas & Pemberdayaan Desa, (ii) Terciptanya Insentif bagi Kabupaten terkait topik prioritas , (iii) Tersedianya Tata Kelola Data & Monitoring yang memadai; (iv) Tersedianya Kebijakan, Kerangka Peraturan & Kapasitas Penegakan Hukum yang memadai dan (v) Peningkatan Kapasitas Kabupaten Tepat Sasaran.

Apa saja Program Rutin Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)?

Selain pertemuan tahunan yang mencakup Rapat Umum Tahunan untuk membahas program strategis LTKL serta Festival Kabupaten Lestari sebagai ajang tukar informasi dan temu inovasi multipihak, program rutin LTKL dilaksanakan melalui Sekretariat untuk mendukung Forum Kerja Kolaborasi LTKL yang bertajuk (i) Perencanaan & Kebijakan, (ii) Komunikasi & Informasi dan (iii) Mobilisasi Dukungan. Kegiatan dukungan yang akan dilaksanakan mencakup (i) perumusan indikator Kabupaten Lestari, (ii) analisa dan rekomendasi kebijakan untuk topik prioritas LTKL, (iii) berbagai coaching clinic & pendampingan untuk peningkatan kapasitas dalam menyusun portfolio program strategis, peluang investasi lestari serta komunikasi lestari sesuai topik prioritas LTKL, (iv) rangkaian kegiatan Match-Making antara Kabupaten dengan jejaring mitra untuk mobilisasi dukungan serta (v) penyusunan Pustaka Lestari sebagai sarana tukar pengetahuan Kabupaten dan jejaringnya.