Festival Kabupaten Lestari 2019
“Besamo Membelo Siak Menuju Indonesia Hijau”
Kabupaten Siak, Provinsi Riau, 10 – 13 Oktober 2019

Festival Kabupaten Lestari 2019<br>“Besamo Membelo Siak Menuju Indonesia Hijau”<br>Kabupaten Siak, Provinsi Riau, 10 – 13 Oktober 2019

Apa itu Festival Kabupaten Lestari?

Festival Kabupaten Lestari merupakan acara perayaan bersama serta ajang promosi bagi kabupaten anggota LTKL serta mitra pembangunan atas perkembangan atau kemajuan dalam mengimplementasi visi kabupaten lestari. Festival juga menjadi sarana untuk membuka dan mempererat komunikasi serta gotong royong antar sesama anggota dan mitra LTKL, serta pihak lain yang terlibat dalam mencapai pembangunan berkelanjutan.

Kapan dan Dimana Festival Kabupaten Lestari 2019 akan berlangsung?

Festival Kabupaten Lestari 2019 akan berlangsung mulai tanggal 10-13 Oktober 2019 dengan tuan rumah Kabupaten Siak, Provinsi Riau selaku Sekretaris Jenderal Lingkar Temu Kabupaten Lestari Periode 2017-2020.

Apa yang Spesial pada Festival Kabupaten Lestari 2019?

Dengan mengusung tema “Besamo Membelo Siak Menuju Indonesia Hijau”, Kabupaten Siak akan memperkenalkan lebih dekat visi “Siak Hijau” kepada seluruh elemen masyarakat Siak dan juga mitra pembangunan di luar Kabupaten Siak. Festival akan mempertemukan peserta dengan inovasi lestari tepat sasaran yang bisa menjawab tantangan kabupaten dalam implementasi visi lestari, khususnya seputar restorasi dan konservasi, intensifikasi pengolahan lahan, serta penanggulangan bencana terkait pengelolaan lahan. 

Dalam FKL 2019 ini, peserta juga akan diajak eksplorasi “Siak Hijau” melalui perjalanan lapangan yang edukatif ke Taman Nasional Zamrud dan juga lokasi agrowisata Bunga Raya. Perjalanan ini akan membawa peserta mengenal lebh dekat Kabupaten Siak melalui #WisataLestari. Festival Kabupaten Lestari 2019 ini akan disenggarakan bersamaan dengan Festival Siak Bermadah dan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Siak yang ke-20, dimana kebudayaan dan kesenian khas Siak akan dipertunjukkan setiap harinya.

Siapa saja yang akan hadir dalam Festival Kabupaten Lestari 2019 ini?

Rangkaian Festival Kabupaten Lestari 2019 akan diikuti oleh peserta dari dalam dan luar Kabupaten Siak, diantaranya:

  • Kabupaten anggota LTKL
  • Kabupaten se-provinsi Riau
  • Kabupaten mitra LTKL
  • Jejaring Mitra LTKL
  • Mitra Kolaborasi
  • Pemerintah Nasional
  • Swasta
  • Pelaku usaha dan penggiat UMKM di Kabupaten
  • Komunitas Kreatif di Kabupaten
  • Masyarakat umum, dll

Apa saja rangkaian kegiatan Festival Kabupaten Lestari 2019?

Inovasi Lestari: Mengapa inovasi lestari itu penting?

Inovasi Lestari tahun ini mengusung tema besar yaitu “Inovasi Cerdas untuk Indonesia Bebas Asap” Berbagai contoh inovasi misalnya teknologi pemantauan karhutla, cara membuka lahan tanpa bakar yang efektif, atau model usaha terkait pemanfaatan lahan tidur. Melalui tem ini, inovasi lestari akan mencoba menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi kabupaten untuk menjadi lestari dari dua sisi, yakni: 

1) Peningkatan Ekonomi berbasis Masyarakat, dikaitkan dengan Pemanfataan Lahan Tidur/Lahan yang Tidak Termanfaatkan

2) Memahami Pendekatan Jurisdiksi: Mengelola & Menindaklanjuti Data dan Informasi untuk Menunjang Implementasi Visi Lestari, salah satunya melalui Pencegahan Kebakaran Hutan, Lahan, dan Kebun

Bagaimana cara berpartisipasi?

Bagi yang ingin hadir dan berpartisipasi dalam rangkaian Festival Kabupaten Lestari (FKL), Anda dapat mengisi form registrasi dibawah ini:

REGISTRASI FKL 2019

Bagi yang ingin mempertunjukkan inovasi yang dimiliki, Inovasi Lestari dapat anda ajukan sebelum tanggal 22 September 2019. Inovasi akan dipresentasikan pada sesi Temu Inovasi, Festival Kabupaten Lestari tanggal 11 Oktober 2019.

PENGAJUAN INOVASI LESTARI

Informasi & Narahubung

Jika ada pertanyaan ataupun informasi lainnya yang ingin didapatkan terkait Festival Kabupaten Lestari, Anda dapat menghubungi Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) melalui email festival@kabupatenlestari.org atau melalui telp di 021-7591-7250